Jajanken adalah sebuah jurus dari Gon pada serial anime Hunter X Hunter yang didasari dari permainan Batu-Gunting-Kertas. Dari situ saya mempunyai ide untuk membuat game batu gunting kertas dari program Strawberry Prolog.
Berikut Screenshootnya
Initial
State yang digunakan sebagai acuan untuk membuat game jajanken ini adalah
halaman permainan sebesar 800x500 dengan background player yang akan memulai
jajanken ini.
khusus anak gundar kalo mau buat game PKB :
https://www.dropbox.com/s/yt9s2iwg4jsi6i8/SHARE.rar?dl=0
Berikut Screenshootnya
v Algoritma
AI ( MINIMAX )
Algoritma minimax merupakan salah satu
algoritma yang sering digunakan untuk game kecerdasan buatan yang menggunakan
teknik depth first search (DFS) dalam pencariannya pada pohon dengan kedalaman
terbatas (Kusumadewi, 2003). Algoritma minimax digunakan untuk memilih langkah
terbaik, dimana kedua pemain akan saling berusaha untuk memenangkan permainan. Selain itu, algoritma
minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat
lawan mengalami kerugian minimum. Algoritma minimax mendeskripsikan kondisi
apabila terdapat pemain yang mengalami keuntungan, pemain lain akan mengalami
kerugian senilai dengan keuntungan yang diperoleh lawan dan sebaliknya.
Algoritma minimax akan melakukan pengecekan
pada seluruh kemungkinan yang ada, sehingga akan menghasilkan pohon permainan
yang berisi semua kemungkinan permainan tersebut. Dengan pohon permainan ini
setiap pemain mengetahui langkah-langkah yang mungkin diberikan pada situasi
permainan saat ini. Sehingga untuk setiap langkah dan semua langkah selanjutnya
dapat diketahui. Dalam repersentasi pohon pada algoritma minimax, terdapat dua
jenis simpul, yaitu simpul min dan simpul max. Max akan memilih langkah dengan
nilai tertinggi dan min akan memilih langkah dengan nilai terendah. Dalam
penentuan keputusan max/min tersebut dibutuhkan suatu nilai yang
merepresentasikan kerugian atau keuntungan yang akan diperoleh jika langkah
tersebut dipilih. Untuk itulah disini digunakan sebuah fungsi heuristik.
Fungsi heuristik yang digunakan
algoritma ini adalah fungsi heuristik statis. Fungsi heuristik digunakan untuk
mengevaluasi nilai sebagai nilai yang merepresentasikan hasil permainan yang
akan terjadi jika langkah tersebut dipilih. Dari nilai-nilai heuristik inilah
komputer akan menentukan simpul mana dari pohon permainan yang akan dipilih,
tentunya simpul yang akan dipilih tersebut adalah simpul dengan nilai heuristik
yang akan menuntun permainan ke hasil akhir yang menguntungkan bagi komputer.
Konsep
Konsep permainan yang
di pakai dalam permainan ini adalah menebak langkah yang akan dituju. AI akan selalu
berjalan dan memberikan perlawanan kepada kita sehingga tidak akan begitu mudah
dapat memenangkan game ini,
pada
saat memainkan permainan ini akan mendapatkan hasil akhir berupa kita menang
atau kita kalah melawan komputer(AI),
karena prinsipnya game ini ingin anda yang kalah. Kesimpulan dari permainan ini
ialah bagaimana cara untuk memenangkan perlawanan dari komputer dengan menebak langkah yang dituju ai , dengan user mengeluar
gunting
Cara
Permainan :
1. Hanya
ada 2 pemain dalam game ini, user dan AI atau user1 dan user2.
2. Ada 3 babak dalam permainan ini, masing-masing babak 5
detik.
3. Masing-masing pemain mengeluarkan jajanken (gunting/batu/kertas) sebelum 5 detik dalam 1 babak.
4. Peraturan jajanken gunting mengalahkan kertas, kertas
mengalahkan batu, dan batu mengalahkan gunting.
5. Pemain harus bisa mengalahkan jajanken lawan dan mengumpulkan poin tiap babak.
6. Pemain yang mendapatkan poin terbanyak dialah
pemenangnya.
v Initial State
Jajanken
merupakan permauan yang menggunakan kecerdasan buatan(AI). Dimana masing-masing
player dituntut untuk mengalahkan AI yang dibuat.
Kita harus menentukan langkah yang benar untuk bisa mengalahkan AI, jika kita
salah langkah, maka kita akan kalah melawan AI. Perlu diketahui disini AI pada
game ini sangat sulit di kalahkan, kemungkinan untuk di kalahkan yaitu sekitar
10%. Pada game ini ada 3 babak,
masing-masing babak memiliki 5 detik untuk mengeluarkan jajanken
(gunting/batu/kertas). Dengan peraturan Peraturan jajanken gunting mengalahkan
kertas, kertas mengalahkan batu, dan batu mengalahkan gunting. Dalam satu
babak, yang menang mendapatkan 1 poin dan pada akhir babak poin di
kalkulasikan. Pemain yang mendapatkan poin terbanyak dialah pemenangnya.
khusus anak gundar kalo mau buat game PKB :
https://www.dropbox.com/s/yt9s2iwg4jsi6i8/SHARE.rar?dl=0
Komentar
Posting Komentar
saya mengharapkan komentar dari anda...
sedikit komentar sangat berarti buat blog ini ..!!