Langsung ke konten utama

Game JAJANKEN

Jajanken adalah sebuah jurus dari Gon pada serial anime Hunter X Hunter yang didasari dari permainan Batu-Gunting-Kertas. Dari situ saya mempunyai ide untuk membuat game batu gunting kertas dari program Strawberry Prolog.

Berikut Screenshootnya


v  Algoritma AI ( MINIMAX )
Algoritma minimax merupakan salah satu algoritma yang sering digunakan untuk game kecerdasan buatan yang menggunakan teknik depth first search (DFS) dalam pencariannya pada pohon dengan kedalaman terbatas (Kusumadewi, 2003). Algoritma minimax digunakan untuk memilih langkah terbaik, dimana kedua pemain akan saling berusaha untuk  memenangkan permainan. Selain itu, algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Algoritma minimax mendeskripsikan kondisi apabila terdapat pemain yang mengalami keuntungan, pemain lain akan mengalami kerugian senilai dengan keuntungan yang diperoleh lawan dan sebaliknya.
Algoritma minimax akan melakukan pengecekan pada seluruh kemungkinan yang ada, sehingga akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan permainan tersebut. Dengan pohon permainan ini setiap pemain mengetahui langkah-langkah yang mungkin diberikan pada situasi permainan saat ini. Sehingga untuk setiap langkah dan semua langkah selanjutnya dapat diketahui. Dalam repersentasi pohon pada algoritma minimax, terdapat dua jenis simpul, yaitu simpul min dan simpul max. Max akan memilih langkah dengan nilai tertinggi dan min akan memilih langkah dengan nilai terendah. Dalam penentuan keputusan max/min tersebut dibutuhkan suatu nilai yang merepresentasikan kerugian atau keuntungan yang akan diperoleh jika langkah tersebut dipilih. Untuk itulah disini digunakan sebuah fungsi heuristik.
Fungsi heuristik yang digunakan algoritma ini adalah fungsi heuristik statis. Fungsi heuristik digunakan untuk mengevaluasi nilai sebagai nilai yang merepresentasikan hasil permainan yang akan terjadi jika langkah tersebut dipilih. Dari nilai-nilai heuristik inilah komputer akan menentukan simpul mana dari pohon permainan yang akan dipilih, tentunya simpul yang akan dipilih tersebut adalah simpul dengan nilai heuristik yang akan menuntun permainan ke hasil akhir yang menguntungkan bagi komputer.
Konsep
Konsep permainan yang di pakai dalam permainan ini adalah menebak langkah yang akan dituju. AI akan selalu berjalan dan memberikan perlawanan kepada kita sehingga tidak akan begitu mudah dapat memenangkan game ini,  pada saat memainkan permainan ini akan mendapatkan hasil akhir berupa kita menang atau kita kalah melawan komputer(AI), karena prinsipnya game ini ingin anda yang kalah. Kesimpulan dari permainan ini ialah bagaimana cara untuk memenangkan perlawanan dari komputer dengan menebak langkah yang dituju ai , dengan user mengeluar gunting
Cara Permainan :
1.    Hanya ada 2 pemain dalam game ini, user dan AI atau user1 dan user2.
2.    Ada 3 babak dalam permainan ini, masing-masing babak 5 detik.
3.    Masing-masing pemain mengeluarkan jajanken (gunting/batu/kertas) sebelum 5 detik dalam 1 babak.
4.    Peraturan jajanken gunting mengalahkan kertas, kertas mengalahkan batu, dan batu mengalahkan gunting.
5.    Pemain harus bisa mengalahkan jajanken lawan dan mengumpulkan poin tiap babak.
6.    Pemain yang mendapatkan poin terbanyak dialah pemenangnya.
v  Initial State
Jajanken merupakan permauan yang menggunakan kecerdasan buatan(AI). Dimana masing-masing player dituntut untuk mengalahkan AI yang dibuat. Kita harus menentukan langkah yang benar untuk bisa mengalahkan AI, jika kita salah langkah, maka kita akan kalah melawan AI. Perlu diketahui disini AI pada game ini sangat sulit di kalahkan, kemungkinan untuk di kalahkan yaitu sekitar 10%. Pada game ini ada 3 babak, masing-masing babak memiliki 5 detik untuk mengeluarkan jajanken (gunting/batu/kertas). Dengan peraturan Peraturan jajanken gunting mengalahkan kertas, kertas mengalahkan batu, dan batu mengalahkan gunting. Dalam satu babak, yang menang mendapatkan 1 poin dan pada akhir babak poin di kalkulasikan. Pemain yang mendapatkan poin terbanyak dialah pemenangnya.

Initial State yang digunakan sebagai acuan untuk membuat game jajanken ini adalah halaman permainan sebesar 800x500 dengan background player yang akan memulai jajanken ini.



khusus anak gundar kalo mau buat game PKB :
https://www.dropbox.com/s/yt9s2iwg4jsi6i8/SHARE.rar?dl=0


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup 8X Lipat Lebih Menyenangkan dengan Honor 8X!

Honor baru saja merilis Handphone flagship paling anyarnya Honor 8X ! dibalik gegap gempita peluncuran Handphone ini beberapa hari yang lalu, sebenarnya banyak hal baru yang ditawarkan dari handphone ini. Melansir dari Jalantikus   sebagai situs teknologi terbesar di Indonesia, Honor 8X memang banyak membawa perubahan dikancah ponsel Indonesia. Honor 8X seperti membawa gebrakan baru luar biasa yang sebelumnya tidak banyak diikuti oleh pabrikan ponsel lain. Kalau cita-cita kamu ingin mencari uang dari internet dengan menjadi selebgram atau menjadi gamer profesional, Maka Honor 8X adalah jawabannya! Dijamin, hidup kamu akan semakin menyenangkan dan membahagiakan 8X Lipat lebih menyenangkan dibanding pakai handphone lainnya! Desain Elegan, Fitur Menawan berbicara masalah desain, honor 8X memiliki desain yang terkesan mewah dan elegant. kamera belakang smartphone ini mirip bentuk tetesan air, hal tersebut membuat smartphone ini terlihat jauh lebi...