Langsung ke konten utama

Pengolah Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art.

Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.
Pilar keilmuan yang wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis.
1.  Wawasan Teknologi
2.  Wawasan Sains
3.  Wawasan Seni
4.  Wawasan Sosial dan Budaya
5.  Wawasan Filsafat dan Etika

Manfaat Desain Grafis
a.       Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis,
b.      Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas (secara umum) sehingga dapat diimplementasikan di dalam lingkungannya,
c.       Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentangprogram aplikasi desain grafis,
d.      Mempersiapkan masyarakat (generasi muda/mahasiswa/kaum terpelajar) agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampiakan dalam bentuk grafis. 

Komponen Pentig: Pewarnaan

a.       Elemen penting dalam grafis desain atau desain grafis. 
b.      Mewakili emosi dari karya grafis desain atau desain grafis. 
c.       Berpengaruh pada rasa dan estetika. 
d.      Mempunyai maknanya sendiri namun juga dipengaruhi oleh bidang keilmuan lainya dalam hal warna seperti bidang psikologi dan fengsui. 
e.       Sebagai bagian dari elemen tata rupa desain grafis. 
f.       Memperkuat kesan/tujuan dari sebuah karya desain grafis. 

Dengan demikian, manfaat yang dapat diraih oleh desainer dengan mempelajari desain grafis, sebagai beriktut:
1.      Mempercepat proses pekerjaan dengan cara menyajikan suatu pekerjaan dalam bentuk grafis.
2.       Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat luas (secara umum) sehingga dapat diimplementasikan di dalam lingkungannya.
3.      Memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang program aplikasi desain grafis.
4.      Mempersiapkan masyarakat (generasi muda/mahasiswa/kaum terpelajar) agar dapat memahami dengan mudah pesan-pesan yang disampiakan dalam bentuk grafis.

Dalam pengolahan desain grafis, berdasarkan fungsinya, desain grafis terbagi menjadi beberapa bagian, seperti :

1. Program Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)

Dipergunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan sejenis. Program ini adalah dapat mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk apilkasi pengolahan tata letak adalah :


a.       Adobe FrameMaker,
b.      Adobe In Design,
c.       Adobe PageMaker,
d.      Corel Ventura,
e.       Microsoft Publisher, dan
f.       Quark Xpress.


  
 2. Program Aplikasi Pengolah Vektor/Garis

                Dipergunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain


a.       Adobe Illustrator,
b.      Beneba Canvas,
c.       CorelDraw,
d.      Macromedia Freehand,
e.       Metacreations Expression, dan
f.       Micrografx Designer.



  3. Program Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Digunakan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Perlu diperhatikan bahwa semua objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto.
Selain itu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Yang termasuk dalam aplikasi ini, antara lain


a.       Adobe Photoshop,
b.      Corel Photo Paint,
c.        Macromedia Xres,
d.      Metacreations Painter,
e.       Metacreations Live Picture,
f.       Micrografx Picture Publisher,
g.      Microsoft Photo Editor,
h.      QFX,
i.        Wright Image,
j.         Pixelmator,
k.       Manga studio,
l.        Gimp, dan
m.    Pos Free Photo Editor.



 4. Program Aplikasi Pengolah Film/Video

               Digunakan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Seperti, pemberian judul teks pada karaoke, teks terjemahan, dll. Pada umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini, antara lain


a.       Adobe After Effect,
b.      Power Director,
c.       Show Biz DVD,
d.      Ulead Video Studio,
e.       Element Premier,
f.       Easy Media Creator,
g.      Pinnacle Studio Plus,
h.      WinDVD Creater,
i.        Nero Ultra Edition, dan
j.        Camtasia.







 5. Program Aplikasi Pengolah Multimedia
                Digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia, misalnya berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya serta dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancang sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain


a.       Macromedia,
b.      Macromedia Authorware,
c.       Macromedia Director,
d.      Macromedia Flash,
e.       Multimedia Builder,
f.       Ezedia, Hyper Studio, dan
g.      Ovation Studio Pro.



 6. Pengolah 3 dimensi

Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain


a.       Xara 3D,
b.      3Ds Max,
c.       Houdini,
d.      Lightware,
e.       Blender,
f.       Pixar,
g.      Maya,
h.      Poser, dan
i.        AutoCad.



 7. Software tipografi

Yang termasuk dalam kelompok ini, antara lain
a.       Fontographer dan
b.      AMP Font Viewer.
Kemampuan umum ini adalah kemampuan tambahan yang membantu dalam proses membuat sebuah karya grafis. Kemampuan umum dalam bidang grafis seperti pengetahuan tentang website ( website grafis seperti flickr, deviantart dsb, website ecommerce untuk menjual karya desain dsb )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-book: Belajar Desain Web

Hari ini, detik ini gue bakal berbagi ebook tentang Dasar-Dasar Desain Web . Ebook ini sangat cocok buat kalian yang belum tahu sama sekali akan design web dan ingin mempelajarinya, karena ebook ini memang dikhususkan untuk pemula (kayak gue :D ). Setelah gue baca- baca, buku ini mengajarkan tentang HTML (Hypertext Markup Language) , yaitu bahasa pemrogaman dasar design web. juga diajarkan juga sedikit tentang CSS (Cascading Style Sheet) yaitu code yang disisipkan diantara code-code HTML yang berfungi mempercantik tampilan halaman web, dan beberapa pemrogaman Web dengan Javascript . Dasar-dasar Design Web Judul ebook yang pertama adalah Dasar-dasar Design Web . Ebook ini sangat cocok buat lo yang belum mengenal sama sekali tentang HTML, karena ebook ini mudah dipahami (oleh: Komarudin Surya) Cara membuat Website sendiri Ebook yang kedua berjudul Cara membuat Website sendiri . Ebook ini adalah pelengkap dari ebook sebelumnya. Karena dalam ebook ini propert...

Game JAJANKEN

Jajanken adalah sebuah jurus dari Gon pada serial anime Hunter X Hunter yang didasari dari permainan Batu-Gunting-Kertas. Dari situ saya mempunyai ide untuk membuat game batu gunting kertas dari program Strawberry Prolog. Berikut Screenshootnya v   Algoritma AI ( MINIMAX ) Algoritma minimax merupakan salah satu algoritma yang sering digunakan untuk game kecerdasan buatan yang menggunakan teknik depth first search (DFS) dalam pencariannya pada pohon dengan kedalaman terbatas (Kusumadewi, 2003). Algoritma minimax digunakan untuk memilih langkah terbaik, dimana kedua pemain akan saling berusaha untuk  memenangkan permainan. Selain itu, algoritma minimax ini bekerja secara rekursif dengan mencari langkah yang akan membuat lawan mengalami kerugian minimum. Algoritma minimax mendeskripsikan kondisi apabila terdapat pemain yang mengalami keuntungan, pemain lain akan mengalami kerugian senilai dengan keuntungan yang diperoleh lawan dan sebaliknya. Algoritma minimax ...